Bupati Kotabaru Membuka Rapat Koordinasi LPSE Provinsi Kalimantan Selatan Ke- 5

Administrator Selasa, 12 Mei 2015 556 Kali

Bupati Kotabaru, Irhami Ridjani membuka secara resmi Rapat Koordinasi LPSE Provinsi Kalimantan Selatan Ke- 5 Tahun 2015, di Ballroom Hotel Grand Surya, Kabupaten Kotabaru, (12/05). Pada acara Pembukaan dihadiri oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Agus Raharjdo, Kepala Pusat LPSE Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Charmeida Tjokrosuwarno, Kepala Balai LPSE propinsi Jawa Barat, Ika Mardiah.

Bupati Kotabaru Irhami Ridjani menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Rapat Koordinasi LPSE Provinsi/Kabupaten/Kota Se Kalimantan Selatan yang dilaksankan di Kabupaten Kotabaru. Dijelaskan Irhami, layanan pengadaan secara elektronik yang berbasis Website/Internet dengan memanfaatkan fasilitas Teknologi Komunikasi dan Informasi yang meliputi Pelelangan Umum, Pra Kualifikasi dan Sourching secara Elektronik dengan menggunakan Modul berbasis Website. Dengan dilaksanakannya proses Pelelangan yang dilaksanakan dengan berbasis Tekhnologi dan Informasi, diyakini mampu meningkatkan kinerja, efektifitas, efesiensi, transparansi serta akuntabilitas transaksi yang dilakukan.“Dengan Basis Tekhnologi dan Informasi, saya yakini Proses Pelelangan barang dan jasa dapat lebih efektif dan transparansi”. Kata Irhami.

rakor1

Senada dengan itu Asisten Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Selatan juga mengatakan Pengadaan barang dan jasa merupakan pengelolaan anggaran yang riskan dengan kebocoran anggaran. Penyempurnaan perangkat Teknologi dan Informasi serta SDM yang memadai sehingga pengadaan secara Elektronik bisa menjadi lebih akuntable dan transparan.

Dalam waktu yang sama, Kepala LKPP, Agus Rahardjo, pada sambutannya juga sempat menyampaikan banyak penghematan yang bisa dilakukan dengan adanya LPSE. “Dengan adanya LPSE, banyak pengelolaan anggaran yang dapat dihemat sehingga tidak terjadi kebocoran anggaran”. Jelas Agus Rahardjo. Dalam kesempatan itu pula dijelaskan sistem e-purchasing melalui e-katalog. Pertama adalah, e-purchasing akan meningkatkan efisiensi belanja melalui cost reduction. “Dapat dibayangkan jika 5000 produk atau lebih sudah tayang di katalog maka SKPD bisa langsung membeli.” Tegasnya lagi.

rakor2

Panitia Acara, Ketua LPSE Kotabaru, Rusian Noor, dalam Penyelenggaraan Rapat Koordinasi LPSE Provinsi Kalimantan Selatan ke-5 Tahun 2015 ini dihadiri Peserta dari LPSE Propinsi/Kabupaten/kota Kalimantan Selatan dan juga dihadiri LPSE Propinsi di Indonesia sebagai observe. Tambahnya juga ada beberapa permasalahan LPSE didaerah yang akan dihimpun juga melalui Rakor LPSE ini sehingga kedepan keselaran dan kebersamaan akan bisa tercapai di Kalimantan Selatan melalui pembinaan dari LKPP dan Pemerintah Propinsi, yang nanti saling bersinergi antar LPSE dalam rangka meningkatkan pelayanan.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan sertifikat standar LPSE Secara simbolis dari kepala LKPP kepada Bupati Kotabaru.


Rakor Lpse Berita Sekilas Info

Berita Terkait